Galeri

Gaji Guru Honorer Harus Sesuai UMK


Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Tasikmalaya Deri Daswara mengusulkan agar honor guru non PNS bisa wajar sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK), hal itu kada Deri sesuai dengan Pasal 39 UU Guru dan Dosen yang menyebutkan bahwa guru berhak memperoleh penghasilan yang wajar.

PGRI menemukan banyak guru non PNS yang bekerja penuh waktu dari Senin sampai Sabtu namun hanya memperoleh penghasilan rata-rata Rp 200 ribu perbulan.

“Ini program Pengurus Besar (PB) PGRI untuk mengupayakan kesejahteraan guru terutama saat ini yang menjadi perhatian kami guru berstatus non PNS. Sebagai PGRI daerah, kami juga akan terus mengawal program PGRI pusat ini,” jelasnya seraya mengaku upah yang diterima guru honorer jauh dari kelayakan.

Sejalan dengan itu, PGRI telah mengusulkan kepada pemerintah pusat agar menetapkan penghasilan minimal guru honorer yang dianggarkan melaui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) tentang pegawai tidak tetap.

Deri mengutarakan, saat ini PGRI akan terus mendesak agar  upaya perlindungan kesejahteraan guru mampu ditingkatkan. Menurutnya, guru honorer juga pantas untuk mendapatkan hak lebih dari penghasilan yang mereka terima saat ini. Karena para guru honorer bekerja sesuai dengan permintaan sekolah yang membutuhkan tenaga pendidik dan pengajar.

“Sekolah butuh mereka. Pendidikan dituntut untuk profesional sedangkan di beberapa sekolah tidak ada guru bidang studi yang pas untuk mengajar mata pelajaran tersebut. Sehingga terpaksa sekolah mengangkat guru honorer untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran,” jelasnya.

Deri berharap, di HUT ke-66 nya ini, PGRI sebagai wadah organisasi guru mampu memberikan perlindungan dan kenyaman bekerja pada seluruh guru demi terciptanya pendidikan yang sesuai dengan apa yang cita-cita Indonesia. “Pendidikan itu kunci untuk membangun generasi yang cerdas dan bermartabat,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s