Galeri

Pegawai Negeri di Kota Jember Dapat THR


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur, berencana memberikan tunjangan hari raya (THR) jelang Lebaran sebesar Rp100 ribu kepada ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemkab setempat. Penjabat Bupati Jember Zarkasih, Jumat (12/8), menuturkan Pemkab Jember memberikan tunjangan tambahan penghasilan setiap tahun kepada PNS yang diberikan menjelang Lebaran, namun pemberian itu bukan merupakan THR.
“Setiap PNS di lingkungan Pemkab Jember akan mendapat tambahan penghasilan sebesar Rp100 ribu dipotong pajak, baik pejabat eselon empat hingga eselon dua,” tuturnya.
Menurut Zarkasih, pemberian tunjangan tambahan penghasilan tersebut sudah dilakukan Pemkab Jember selama beberapa tahun terakhir karena sudah dianggarkan dalam APBD.
“Mudah-mudahan uang itu bisa digunakan PNS untuk memenuhi kebutuhan keluarga menjelang Lebaran, meski nilai nominalnya tidak besar,” katanya.
Ia mengaku tidak hafal berapa total anggaran tunjangan tambahan penghasilan yang diberikan kepada ribuan PNS di lingkungan Pemkab Jember, namun yang pasti nominal yang diterima PNS sebesar Rp100 ribu dipotong pajak.
“Pencairan tambahan penghasilan itu diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dikoordinir oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jember,” paparnya.
Biasanya tunjangan tambahan penghasilan jelang Lebaran di Pemkab Jember tersebut dicairkan “H-7? Lebaran melalui SKPD masing-masing, sehingga uang tersebut bisa digunakan PNS untuk membeli kebutuhan selama Lebaran.
Pelaksana tugas (Plt) Kabag Humas Pemkab Jember Joko Soponyono membenarkan pemberian uang penghasilan tambahan kepada PNS, menjelang Lebaran 2011.
“Setiap PNS dapat mengambil uang tambahan penghasilan sesuai prestasi kerja yang nominalnya sebesar Rp100 ribu dipotong pajak kepada masing-masing SKPD,” ujarnya.
Padahal, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melarang kabupaten/kota menganggarkan THR dalam APBD karena tidak memiliki nomenklatur dan temuan BPK terhadap pemberian THR di sejumlah daerah menjadi sorotan aparat penegak hukum tersebut. (Ant/OL-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s