Galeri

Menag: Insya Allah penetapan awal Ramadhan sama


JAKARTA: Pemerintah berharap penetapan awal Ramadhan bisa diputuskan satu suara oleh seluruh organisasi massa Islam di Indonesia. Pemerintah berencana mengumumkannya pada 31 Juli 2011.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan penetapan 1 Ramadhan dan 1 Syawal dilakukan dengan cara hisab atau perhitungan, bisa juga dengan menggunakan ruqyah atau melihat bulan.

“Insya Allah tidak ada perbedaan,” kata Suryadharma menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden, hari ini.

Dia mengatakan cara perhitungan yang sudah dilakukan oleh Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada 1 Agustus 2011. Sementara yang menggunakan ruqyah baru akan dilakukan pada 31 Juli 2011.

Cara ruqyah dilakukan  pada sore hari, yaitu pada titik-titik yang telah ditentukan dan biasanya mudah untuk melihat ada atau tidaknya bulan.

Setelah seluruh tim melakukan proses ruqyah yaitu sekitar pukul 19.00-20.00 WIB akan dilakukan sidang itsbat, yakni sidang untuk menetapkan apakah 1 Ramadhan jatuh pada 1 Agustus atau 2 Agustus 2011.

“Mudah-mudahan pada 31 Juli langit cerah sehingga tidak ada perbedaan pendapat di antara tim yang lakukan proses ruqyah,” katanya.(er)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s