Galeri

PPCI – Seluruh Penerimaan Seleksi CPNS 2011 akan Digelar September 2011


Penerimaan CPNS 2011 direncanakan akan digelar pada September mendatang. Karena itu, seluruh instansi baik pusat maupun daerah diharapkan sudah bisa menyiapkan estimasi rincian formasi kebutuhan CPNS.  Hal ini dimaksudkan agar target jadwal penerimaan CPNS bisa terealisasi. “Kita berharap tahun ini penerimaan CPNS-nya lebih cepat waktunya. Karenanya kami minta terutama pemerintah daerah lebih proaktif,” kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan&RB) Ramli Naibaho, Selasa (5/4).

Ditambahkan, pada Mei mendatang kuota CPNS secara nasional akan ditetapkan. Selanjutnya, kuota itu akan dibahas bersama DPR RI pada Juni tahun ini guna penetapan angka pastinya. Namun, paling tidak daerah sudah punya gambaran formasi apa saja yang dibutuhkan pada tahun ini.

“Jangan nanti tunggu penetapan kuota baru susun formasinya. Karena imbasnya pasti pengajuan ke pusat terlambat. Pemda sudah harus melakukan analisa apa saja formasi yang dibutuhan, sehingga begitu kuota masing-masing daerah keluar, pemda secepatnya bisa mengajukaan rincian formasinya ke Kemenpan&RB,” terang Ramli.

Ditanya formasi apa yang akan diprioritaskan tahun ini, Ramli menegaskan bahwa hal itu tergantung pada kebutuhan daerah. Namun dari pengalaman sebelumnya, yang banyak menyita formasi adalah guru, tenaga kesehatan dan penyuluh.

“Formasi guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh setiap tahun selalu ada. Ketiganya juga jatahnya lebih banyak. Di samping tenaga teknis lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Ramli mengatakan, hingga 31 Maret lalu baru 50 persen daerah yang telah mengajukan jumlah kebutuhan pegawainya. Kemenpan&RB telah mengajukan usulan kuota CPNS maksimal 250 orang. Pemerintah dalam hal ini Kemenpan&RB dan Kemenkeu menargetkan pada Mei mendatang sudah ada penetapan kuota CPNS secara nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s