Galeri

PPCI – Guru Honorer Swasta dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Sulit diangkat jadi CPNS


Keinginan kalangan guru honorer swasta untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tidak akan mudah terealisasikan. Pasalnya, untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ternyata perlu regulasi yang ditetapkan melalui peraturan pemerintah (PP). “Sampai saat ini, belum ada regulasi untuk mengangkat tenaga guru honorer swasta menjadi PNS,” kata Direktur Pengendalian Kepegawaian I Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bosman Sitinjak, di Jakarta, Kamis, 7 April.

Diakui Bosman, banyak tenaga guru honorer swasta yang mendesak pemerintah untuk mengangkat mereka menjadi CPNS seperti guru honorer di sekolah negeri. Namun permintaan tersebut tidak bisa direalisasikan, karena memang belum ada payung hukum untuk mengangkat guru honorer maupun pegawai tidak tetap (PTT) di sekolah-sekolah swasta menjadi CPNS.
Meski demikian, Bosman mengatakan, Komisi II DPR RI dan pemerintah sedang memikirkan regulasi untuk kesejahteraan mereka tersebut.
“Untuk menjadikan mereka CPNS, perlu payung hukum. Kecuali guru bantu nasional yang ditempatkan di sekolah swasta. Itu pun harus memenuhi kriteria,” terangnya.
Sedangkan terkait honorer kategori II, Bosman mengatakan bahwa sejauh ini belum ada petunjuk teknis untuk memprosesnya lebih lanjut.
Sementara itu, kuota CPNS tahun ini dipastikan berkurang dibanding tahun lalu yang mencapai 300 ribu. Tahun ini, kuota CPNS diperkirakan menyusut menjadi 250 ribu. Kesempatan bagi pelamar baru bakal semakin sempit, karena 45 persen dari jumlah itu menjadi jatah tenaga honorer kategori I yang jumlah keseluruhannya mencapai 152.310 orang.
Pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) menjelaskan, angka pasti kuota CPNS 2011 bakal keluar bulan depan. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Kemen PAN dan RB, Ramli Naiboho, mengatakan, saat ini pihaknya masih terus menerima usulan kuota CPNS dari daerah. “Usulan masih terus masuk. Total masih sekitar 50 persen,” ujar Ramli.
Meskipun belum bisa menentukan angka pasti, Ramli mengatakan jika perkiraan Kemen PAN dan RB kuota maksimal CPNS 2011 maksimal 250 ribu. Dia mengatakan, jumlah itu bisa saja naik dan bisa juga turun. Sebab, kepastian kuota CPNS 2011 masih harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan dan DPR.
Ramli membenarkan, jika kuota CPNS 2011 ini tidak hanya digunakan untuk pelamar baru saja. Dia menjelaskan, tahun ini pelamar baru harus berbagi kursi bersama tenaga honorer yang belum diangkat. “Tepatnya adalah tenaga honorer kategori I,” ujar dia.  (esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s