Galeri

BKD Jember : CPNS Harus Bebas Narkoba


JEMBER Peserta yang lolos seleksi tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) harus bebas dari narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba), kata Kepala Bidang Pengadaan dan Formasi Pegawai, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jember, Jawa Timur, Joko Santoso.

“Seluruh peserta CPNS yang lolos seleksi harus memenuhi persyaratan berikutnya yang sudah ditentukan oleh BKD, salah satunya adalah CPNS harus bebas narkoba,” tuturnya di kantor Pemkab Jember, Rabu.

Pemkab Jember mengumumkan sebanyak 212 peserta CPNS yang lolos seleksi melalui situs pemkab setempat (www.jemberkab.go.id) dan media cetak (21/12).

Menurut Joko, beberapa persyaratan tersebut merupakan salah satu prosedur administrasi pemberkasan yang akan diajukan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk mendapatkan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS baru.

“Kami minta peserta tes CPNS yang lolos seleksi menyiapkan surat keterangan berperilaku baik dari aparat kepolisian (SKCK), tes kesehatan, surat keterangan bebas narkoba, kartu pencari kerja (kartu kuning), dan surat pernyataan kesedian menjadi CPNS,” paparnya.

Ia menegaskan, peserta CPNS yang lolos seleksi dapat gugur, apabila yang bersangkutan positif mengonsumsi narkoba dan pernah melakukan tindak kejahatan dengan menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (LP) atau rumah tahanan.

“Peserta yang lolos seleksi dapat gugur karena mereka tidak bisa mendapatkan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit dan SKCK dari kepolisian setempat. Secara otomatis, mereka gugur sebagai CPNS,” katanya menjelaskan.

Joko mengatakan, pemberkasan CPNS Pemkab Jember hasil rekrutmen penerimaan CPNS tahun 2010 akan dilaksanakan pada 10 Januari 2010, namun usulan pengajuan nomor induk pegawai (NIP) kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) paling lambat 31 Desember 2010.

Jumlah peserta CPNS Pemkab Jember sebanyak 15.102  orang, dengan rincian tenaga pendidikan sebanyak 8.303, tenaga teknis sebanyak 4.408 orang, dan tenaga kesehatan sebanyak 2.391 orang.

Sementara kuota formasi CPNS Jember sebanyak 212 kursi, dengan rincian tenaga pendidikan sebanyak 96 kursi, tenaga kesehatan sebanyak 64 kursi, dan tenaga teknis sebanyak 52 kursi.

Pada saat pelaksanaan tes tulis CPNS tercatat sebanyak 895 peserta yang tidak hadir, terdiri dari tenaga teknis sebanyak 300 orang, tenaga kesehatan sebanyak 258 orang, dan tenaga pendidikan sebanyak 337 orang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s