Galeri

Pemerintah Ogah Angkat Guru Swasta Jadi PNS


JAKARTA – Keinginan dan upaya para guru swasta untuk bisa diangkat menjadi PNS sepertinya bakal berakhir sia-sia. Sebab, pemerintah menganggap keinginan itu tidak beralasan.

Sekretaris Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN&RB), Tasdik Kinanto, mengatakan, guru swasta yang meminta jadi PNS jelas tidak memahami aturan. “Pemerintah kan sudah berulang kali menegaskan kalau guru swasta tidak bisa di PNS-kan. Kalau tetap ngotot ya harus ubah undang-undang dulu dan itu kerjaannya DPR dong,” kata Tasdik kepada JPNN, Kamis (5/8).

Dia mengakui, DPR memang merekomendasikan agar guru swasta dijadikan PNS. Tapi pemerintah tidak bisa serta merta mengabulkanya. “Kalau mau dikabulkan nanti pegawai swasta juga ingin di-PNS-kan. Kalau sudah begitu kacau negara, karena aturan undang-undang dilanggar,” ucapnya.

Hal yang sama diungkapkan Deputi SDM bidang Aparatur Negara Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho. “Pemerintah bukan menganaktirikan. Tapi yang namanya honorer kan yang bekerja di instansi negeri. Kalau yang di swasta itu bukan honorer namanya. Lagipula Kementerian PAN&RB tidak mengurus para guru, tapi aparatur. Kasarnya bapaknya guru kan Kemendiknas, bukan Kemenpan. Jadi tanya ke Kemendiknas,” bebernya.

Ditambahkan Ramli, jika ingin menjadi PNS, maka para guru swasta bisa mengikuti seleksi CPNS lewat jalur pelamar umum. “Kalau mau jalur khusus atau langsung diangkat ya tidak bisa,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s