Kuota CPNS Jember 212 Kursi


JEMBER – SURYA- MEski pendaftaran penerimaan CPNS belum dibuka, namun para calo sudah bergentayangan di Jember. Mereka mematok biaya Rp 5 juta bagi mereka yang ingin lolos seleksi penerimaan CPNS.

Kabid Pengangkatan PNS Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jember, Joko Santoso mengatakan, sejauh ini pihaknya baru mendapat informasi besar kuota CPNS jalur umum untuk Jember, yakni 212 kursi. “Rincian formasinya belum kami terima. Tapi, kok calo sudah bermunculan,” ujarnya usai dengar pendapat dengan Komisi A DPRD Jember, Selasa (26/10).

Ada SMS yang sudah beredar, antara lain berbunyi: Berkas sudah siap, per bidang diambil 1 orang dan siapkan Rp 5 juta, hubungi Sdr Hari atau data Anda akan dicoret! Sukwan abadi menanti Anda.” Pesan singkat ini bahkan sampai juga ke staf BKD.

Joko meminta para pelamar nanti tidak tertipu calo. Yang dibuka nanti, katanya, jalur umum. Karenanya, siapa saja yang memenuhi persyaratan bisa mendaftarkan diri.

Pemkab Jember, lanjutnya, butuh tenaga pelayanan dasar. “Jumlah guru dan tenaga kesehatan belum mencukupi untuk 31 kecamatan, dan diprediksi kebutuhan tenaga pelayanan mendapat alokasi cukup banyak dalam penerimaan CPNS 2010,” tuturnya.

Data di BKD menyebutkan, Jember kekurangan 3.714 PNS bidang pelayanan dasar, dengan rincian guru 2.272 orang dan tenaga kesehatan 1.442 orang. “Usulan BKD lebih dari 1.000 kursi CPNS, namun diberi kuota 212 kursi,” ujarnya. Angka ini menurun dibanding 2008 sebanyak 278 kursi.

Joko memprediksi pendaftaran CPNS Pemkab Jember akan dibuka November 2010 secara serentak dengan kabupaten/kota lain di Indonesia.

Ketua Komisi A DPRD Jember M Jufriadi meminta pemkab menerima CPNS secara transparan. “Tidak boleh ada ‘titipan’ pejabat dalam rekruitmen CPNS ini,” tegas politisi PKNU itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s